Cara Menghilangkan Bau Cat di Kamar dengan Mudah dan Efektif

Habiburachman

Habiburachman

0 Comment

Link
Cara Menghilangkan Bau Cat Di Ruangan Kamar

Setelah mengecat rumah, biasanya ada bau yang mengganggu pernapasan. Uap cat bisa berdampak buruk pada kesehatan, termasuk masalah pada hati, ginjal, dan bahkan kanker.

Meskipun sudah ada ventilasi dan kipas angin, bau itu seringkali sulit hilang dan bisa mengganggu aktivitas. Biasanya bau ini berasal dari komponen dalam cat seperti pewarna, pelarut, dan perekat yang mengandung minyak.

Beberapa jenis cat juga mengandung senyawa organik yang mudah menguap yaitu VOC (Volatile Organic Compound) dan berbahaya bagi tubuh. Bau cat pada tembok bisa bertahan berhari-hari.

Namun, ada cara untuk menghilangkan bau cat tembok dengan cepat agar tidak mengganggu penciuman Anda.

15 Cara Menghilangkan Bau Cat di Kamar

Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan Bau Cat di Kamar:

1. Cat Berkualitas

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah munculnya bau cat di dalam ruangan saat kita sedang mengecat dinding rumah.

Apakah ada jenis cat yang tidak memiliki aroma? Salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan adalah menggunakan Cat Metrolite Acrylic Emulsion.

Ketika kita mengaplikasikan cat ini pada dinding rumah, tidak akan ada aroma yang mengganggu.

Selain itu, cat berkualitas ini juga memiliki keunggulan lain seperti waktu pengeringan yang cepat, tidak mengandung timbal dan merkuri, serta memberikan warna yang lebih cerah.

Baca Juga: Kombinasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Sederhana, Elegan dan Mewah

2. Kopi Bubuk

Tahukah Anda bahwa bubuk kopi bisa digunakan untuk menghilangkan bau cat yang tidak sedap? Seperti halnya bubuk kopi yang mampu menghilangkan bau amis pada daging sebelum dimasak.

Bau kopi sendiri memiliki dominasi yang kuat dan dapat membuat ruangan terasa lebih segar. Cara penggunaannya sama seperti menggunakan arang. Letakkan bubuk kopi di dalam gelas dan tempatkan di dinding yang dicat. Gunakan bubuk kopi hitam untuk aroma yang lebih kuat daripada kopi dengan krim atau susu.

3. Lilin

Cara mudah dan praktis untuk menghilangkan bau cat tembok adalah dengan menggunakan lilin:

  1. Letakkan lilin yang sudah dinyalakan pada mangkuk berisi air di beberapa sudut ruangan.
  2. Biarkan selama beberapa jam, kemudian rasakan perbedaannya.
  3. Jika Anda suka, Anda juga bisa menggunakan lilin aromaterapi.

Pastikan lilin ditempatkan di luar jangkauan anak kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Arang

Banyak yang bingung dan penasaran mengapa arang bisa membantu menghilangkan bau cat di ruangan. Salah satu cara menghilangkan bau cat yang efektif dan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan arang. Karena arang memiliki kemampuan menyerap bau dari zat-zat kimia pada cat dinding.

Bagaimana cara mengaplikasikannya? Cukup letakkan beberapa potongan arang di sudut-sudut rumah atau dekatkan arang dengan dinding yang baru saja dicat. Biarkan arang tersebut selama semalaman, dan pada pagi harinya, bau cat akan berkurang secara alami.

5. Ekstrak Vanila atau Peppermint

Bau cat di kamar bisa dihilangkan dengan menggunakan vanila dan peppermint. Caranya dengan meneteskan beberapa tetes ekstrak vanila dan peppermint ke bola kapas, lalu letakkan di berbagai sudut ruangan yang baru saja dicat.

Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan beberapa tetes ekstrak vanila dan peppermint ke dalam cat sebelum melakukan proses pengecatan.

Hal ini akan secara signifikan mengurangi aroma cat. Tidak perlu khawatir, penambahan ekstrak ini tidak akan mempengaruhi kualitas maupun warna cat Anda.

6. Kulit Jeruk dan Lemon

Menghilangkan bau cat di kamar bisa dilakukan dengan menggunakan kulit jeruk atau lemon.

Meskipun terdengar tidak masuk akal, namun kulit jeruk atau lemon memiliki aroma yang menyengat dan esensial yang membuat kita merasa nyaman menghirupnya.

Bahkan, banyak produk sabun cuci tangan dan sabun cuci piring yang menggunakan aroma jeruk atau lemon.

Cara mengaplikasikannya juga mudah, yaitu dengan mendekatkannya ke dinding yang baru dicat dan biarkan semalaman.

Dengan menggunakan bahan alami seperti ini, bau cat yang menyengat dapat hilang dengan cepat dan mudah.

7. Air Garam

Salah satu metode yang dapat Anda coba untuk mengatasi bau cat di kamar adalah dengan menggunakan garam.

Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama, metode ini dapat membantu menghilangkan bau yang tidak diinginkan.

Caranya adalah dengan melarutkan garam dalam air dan menyebarkannya di beberapa sudut ruangan. Meskipun memakan waktu, metode ini efektif dalam mengatasi masalah bau cat.

8. Ventilasi Udara

Saat Anda ingin mulai mengecat dinding, disarankan untuk membuka semua jendela dan pintu di rumah. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk menghilangkan bau cat. Dengan membuka semua pintu dan jendela, udara akan membantu mengeluarkan bau cat dari ruangan.

Pergantian udara ini akan mempercepat proses menghilangkan bau cat yang kuat di rumah atau ruangan Anda. Jadi, jangan lupa untuk selalu membuka semua pintu dan jendela saat mengecat.

9. Sinar Matahari

Saat melakukan pengecatan dinding, sinar matahari sangat penting untuk membantu cat mengering dengan cepat. Dalam proses ini, bau cat juga akan hilang lebih cepat ketika cat mengering lebih cepat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengecat pada malam hari karena bau cat akan lebih lama menempel pada dinding dan mengganggu tidur pada malam hari.

10. Tanaman Herbal

Tanaman herbal bisa membantu mengatasi bau cat yang tidak sedap di dalam kamar. Tanaman seperti kemangi, rosemery, atau tanaman lainnya memiliki aroma yang sangat kuat. Caranya cukup dekatkan tanaman-tanaman ini ke dinding yang masih lembab setelah dicat.Biarkan semalaman, dan keesokan paginya bau cat akan berkurang sedikit.

11. Kamper

Meskipun ukurannya kecil, kamper dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap di ruangan atau lemari Anda. Kamper juga efektif untuk mengatasi bau cat yang menyengat ketika Anda berada dekat dengan dinding yang baru dicat.

12. Baking Soda

Baking soda bukan hanya dapat digunakan dalam makanan atau kue, tetapi juga dapat membantu menghilangkan bau cat di ruangan.

Bagaimana cara menggunakan baking soda ini untuk mengatasi bau yang tidak sedap? Cukup tuangkan sedikit baking soda ke dalam mangkuk dan letakkan di sekitar ruangan yang baru dicat. Jika masih tercium bau yang tidak enak, semprotkan baking soda ke furnitur rumah.

Namun, ingatlah untuk melapisi furnitur dengan kain sebelum menyemprotkan baking soda.

13. Cuka Apel

Selain baking soda, terdapat juga bahan makanan lain yang dapat digunakan untuk mengatasi bau cat di ruangan. Ternyata, cuka apel juga bisa menjadi solusi bagi masalah ini.

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menuangkan cuka apel atau cuka putih ke dalam mangkuk dan meletakkannya di dekat dinding yang baru dicat.

Alternatifnya, Anda juga dapat meletakkan cuka ini di sudut-sudut rumah, namun pastikan agar tidak mudah tersenggol atau tumpah.

14. Bawang Bombai

Semua jenis bawang hampir semuanya memiliki aroma yang kuat, dan aroma yang tajam tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan bau cat. Bagaimana caranya?

Anda hanya perlu memotong bawang bombay menjadi dua bagian, kemudian letakkan di atas piring kecil dan tempatkan di dalam ruangan yang terkena bau cat.

15. Nanas

Buah nanas dan cuka dapat menghilangkan bau cat di dalam kamar.

Letakkan potongan buah nanas di ruangan yang baru dicat atau tuangkan cuka ke dalam wadah dan letakkan di tengah ruangan.

Selain itu, baking soda, bawang merah, arang, air perasan lemon, bubuk kopi, kulit jeruk, dan kulit lemon juga bisa mengurangi bau cat. Meletakkan air dan lemon di kamar juga membantu mengurangi bau cat.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini, diharapkan bau cat tembok bisa teratasi dengan efektif.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Cat atau Tinta Pemilu di Tangan

Tips Mengecat Tanpa Bau Menyengat

Berikut adalah beberapa tips untuk mengecat tanpa bau menyengat:

1. Pilih cat dengan kandungan VOC rendah

Senyawa organik yang dikenal sebagai VOC dapat menghasilkan bau yang tajam dan berbahaya bagi kesehatan. Agar bau cat yang tidak sedap dapat dihilangkan, disarankan untuk memilih cat dengan kandungan VOC yang rendah saat melakukan proses pengecatan.

2. Menggunakan kipas angin

Menggunakan kipas angin ketika sedang melakukan pengecatan dapat memperbaiki sirkulasi udara dan mengurangi bau yang tidak sedap.

3. Membuka jendela dan pintu

Tips menghilangkan bau cat di kamar disarankan untuk membuka jendela dan pintu saat melakukan proses pengecatan. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan dan pada akhirnya mengurangi bau yang tidak sedap.

4. Menggunakan bahan alami

Anda dapat menghilangkan bau cat di kamar dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti cuka, baking soda, bawang merah, arang, air perasan lemon, bubuk kopi, kulit jeruk, dan lemon. Bahan-bahan ini telah terbukti efektif dalam mengurangi bau tak sedap akibat cat di ruangan Anda.

5. Mengecat pada cuaca yang tepat

Jika Anda ingin menghilangkan bau cat di kamar, sangat penting untuk melakukan proses pengecatan pada waktu yang tepat.

Salah satunya adalah memilih cuaca yang cerah dan kering untuk melakukannya. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi bau yang menyengat akibat proses pengecatan tersebut.

Kesimpulan

Kami telah membahas berbagai metode efektif untuk menghilangkan bau cat di kamar. Dari persiapan sebelum mengecat hingga penggunaan bahan alami, teknik penyerapan bau, dan penggunaan alat bantu penghilang bau, kami telah menyajikan opsi yang dapat menjadi solusi bagi masalah ini.

Dengan tips-tips yang kami bagikan, diharapkan Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah bau cat di kamar Anda. Cobalah salah satu atau beberapa metode yang kami bahas. Setiap langkah yang kami sampaikan telah teruji dan terbukti efektif.

Itu adalah beberapa cara menghilangkan bau cat pada ruangan dengan efektif. Namun jika Anda akan menghilangkan cat di berbagai permukaan material seperti tembok, kaca, besi, kayu ataupun plastik silahkan gunakan paint remover terbaik yang tersedia di pasaran.

Topik:

Share:

Related Post

Leave a Comment