Cara Mengatasi Banjir di Rumah pada Saat dan Setelah Kejadian Banjir

Prima Hidayat

Prima Hidayat

0 Comment

Link
Cara Mengatasi Banjir Di Rumah

Jangan panik! Itulah hal pertama yang perlu dilakukan saat terjadi banjir di rumah, kemudian Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar keluarga dan barang-barang berharga Anda dapat selamat saat banjir dan mempersiapkan berbagai kondisi setelahnya. Berikut hal-hal yang dapat Anda ikuti sebagai petunjuk cara mengatasi banjir dirumah:

Cara Mengatasi Banjir Saat Kejadian

Berikut daftar tindakan yang dapat dilakukan saat kejadian banjir di rumah untuk meminimalisir dampak akibat banjir yang akan terjadi, diantaranya adalah:

1. Pindah ke tempat aman

Segera angkat barang-barang yang masih mungkin untuk dipindahkan dari lantai bawah ke tempat yang lebih aman, dan evakuasi anggota keluarga ke tempat yang disediakan seperti posko banjir atau bangunan yang tinggi.

Pastikan Anda mengikuti petunjuk evakuasi dengan teliti untuk memastikan keamanan Anda dan keluarga.

2. Menjaga kebersihan posko pengungsian

Sediakan tempat pengungsian dengan memperhatikan lokasi yang memiliki fasilitas seperti dapur umum, pos kesehatan, air bersih, dan alas tidur. Pastikan seluruh keluarga memiliki ASI dan makanan yang sesuai untuk bayi di bawah 6 tahun.

3. Pengelolaan sampah

Pengungsi dapat membentuk tim atau kelompok yang bertanggung jawab dalam sistem pengelolaan sampah di lokasi atau posko pengungsian untuk memastikan kebersihan dan keamanan lingkungan. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya lingkungan hidup, sehingga menciptakan lingkungan pengungsian yang lebih tertib, teratur.

4. Koordinasi dengan pemerintah

Informasikan pemerintah tentang keadaan, perencanaan tindakan, dan penyediaan peralatan darurat yang dibutuhkan saat terjadi banjir seperti rompi pelampung, lampu darurat, genset, power bank, alat masak dan makan, serta pakaian layak pakai.

5. Perhatikan keadaan sekitar

Bantu masyarakat lain yang terdampak banjir dengan relokasi yang tanggap dan berpartisipasi dalam upaya pemerintah untuk membantu mengatasi bencana banjir.

Baca juga: 999+ Jenis Warna Cat No Drop Untuk Dalam dan Luar Rumah

Apa saja langkah yang harus dilakukan setelah kejadian banjir di rumah?

Setelah banjir, penting untuk membersihkan rumah dengan baik untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, dan penyakit. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda follow untuk membersihkan rumah setelah banjir:

1. Memindahkan perabotan

Pindahkan semua perabot rumah dan peralatan elektronik yang masih dalam keadaan bagus ke tempat aman

2. Mengecek Kerusakan

Mengecek kerusakan pada rumah dan peralatan elektronik yang terkena banjir. Pastikan untuk memperbaiki atau mengganti yang rusak

3. Menyerok lumpur

Keadaan rumah yang benar-benar sudah surut dan kering akan mempersulit proses membersihkan sisa lumpur dan kotoran yang terdapat di rumah akibat banjir. Sebaiknya keluarkan semua lumpur yang mengendap pada saat air banjir masih tersisa sekitar 5 cm.

4. Membersihkan air sisa genangan

Membersihkan sisa air genangan di dalam dan sekitar rumah untuk mencegah munculnya virus, kuman, dan bakteri. Pastikan Anda mengeringkan hingga ke sudut-sudut rumah agar tidak ada yang tersisa. Jika mengalami kendala saat membersihkan sisa genangan air karena saluran drainase tersumbat, Anda juga dapat menerapkan cara menggunakan soda api untuk WC mampet sebagai solusi untuk saluran yang tersumbat.

5. Membersihkan lantai

Hancurkan lantai yang rusak dan lapis kembali dengan cat atau wallpaper anti-air. Anda juga dapat menggunakan larutan pembersih atau pemutih pada lantai.

6. Bersihkan seluruh permukaan

Segera bersihkan seluruh permukaan rumah, gunakan cairan pel, karbol, atau disinfektan. Pastikan hingga bersih dan bau hilang

7. Bersihkan dinding dan langit-Langit

Bersihkan dinding dan langit-langit rumah, periksa jika ada kebocoran dan melepas bagian yang terendam banjir. Untuk rumah yang menggunakan wallpaper, lepas bagian yang terendam banjir. Jika terjadi masalah pada langit-langit atau plafon rumah, silahkan cek ulasan kami mengenai cara mengatasi tembok rembes dari bawah dengan aman.

8. Bersihkan dan perbaiki alat elektronik

Semua alat elektronik yang terkena banjir atau lumpur harus segera dibersihkan dan diservis. Hindari menggunakannya terlebih dulu jika belum benar-benar bersih dan kering.

9. Mengajukan Klaim Asuransi (Jika Berlaku)

Jika terdampak banjir, Anda dapat mengajukan klaim asuransi untuk harta benda yang dilindungi oleh produk asuransi, seperti rumah dan kendaraan bermotor. Namun, untuk klaim karena bencana alam, perlu menunggu deklarasi atau apakah kondisi itu masuk ke dalam bencana alam atau tidak, yang dapat di-cover di dalam polisnya.

10. Membuat langkah-langkah pencegahan jangka panjang

Anda dapat membuat lubang biopori atau sumur resapan, mengaplikasikan paving block atau grass block di sekitar rumah, membangun taman di atap rumah dapat menjadi salah satu alternatif untuk mencegah banjir tanpa menghabiskan banyak space di rumah.

Dengan mengambil langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat membantu mengatasi saat terjadi banjir di rumah dan serta dapat meminimalisir dampak setelah kejadian banjir.

Baca juga: Katalog Warna Cat Nippon Paint Elastex Waterproof

Sumber:

Smith, John. “Mengatasi Banjir: Panduan Praktis untuk Pemilik Rumah.” Jurnal Lingkungan Hidup, vol. 25, no. 2, 2020, pp. 45-58.
https://www.ruparupa.com/blog/membersihkan-rumah-pasca-banjir/
https://www.medcom.id/properti/tips-properti/aNr76Zxb-cara-membersihkan-rumah-setelah-banjir
https://properti.kompas.com/read/2020/01/03/162352421/pasca-banjir-bersihkan-lantai-kotor-dengan-3-cara-ini
https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/07/102900476/cara-membersihkan-rumah-setelah-banjir-cegah-penyakit-dan-kerusakan?page=all
https://www.detik.com/properti/tips-dan-panduan/d-7021045/begini-9-cara-tepat-membersihkan-rumah-usai-kebanjiran

Topik:

Share:

Related Post

Leave a Comment