Jenis Lampu yang Sering Digunakan Ketika Camping dan Tips Memilihnya

Prima Hidayat

Prima Hidayat

0 Comment

Link
Jenis Lampu Yang Sering Digunakan Ketika Camping

Dalam dunia camping, persiapan dan perlengkapan yang tepat adalah kunci untuk pengalaman yang aman dan menyenangkan. Salah satu alat yang paling penting bagi setiap pendaki adalah berbagai jenis lampu, masing-masing dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda di lokasi camping. Artikel ini akan membahas berbagai jenis lampu camping yang populer dan fitur apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih lampu untuk hiking.

Jenis-Jenis Lampu Camping dan Fungsinya

Saat camping, beberapa jenis lampu biasa digunakan untuk menerangi lokasi perkemahan dan menjamin keamanan diantaranya yaitu:

1. Lampu Lentera

Lampu Lentera Camping

Lentera adalah lampu khas camping yang sempurna untuk menerangi area besar seperti lokasi camping atau bagian dalam tenda. Banyak lentera yang dilengkapi dengan saklar pencahayaan yang dapat diatur dan ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang, memungkinkan kamu untuk menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Head Lamp LED

Headlamp Camping

Untuk operasi hands-free, head torch LED sangatlah penting. head lamp sangat cocok ketika mengerjakan aktivitas pada malam hari seperti hiking, memasang tenda camping dalam kegelapan, atau memasak tanpa perlu memegang lampu.

3. Senter Tangan

Senter Tangan Camping

Senter tangan adalah alat serbaguna yang harus dimiliki setiap pendaki. Ketika berjalan di jalur yang gelap. Senter tangan portable mudah dibawa kemana saja.

4. LED Camp Light Bars

Bar Lampu Led Camping

Bar lampu LED camping menawarkan pencahayaan yang kuat dan merata, membuatnya cocok untuk camping serta penggunaan pada kanopi kendaraan. Lampu ini biasanya memiliki serangkaian chip LED yang ditempatkan dalam casing aluminium dan dapat ditenagai oleh berbagai sumber, termasuk lighter mobil 12v atau transformator 240v.

LED Camp Light Bars cocok digunakan saat kamu melakukan camping yang tidak terlalu ekstrim, misal kamu mencari tempat camping yang masih bisa bermalam disamping atau di sekitar kendaraan atau campervan.

5. Lampu Sorot

Lampu Sorot Camping

Ketika kamu perlu menerangi area yang jauh, sorotan adalah pilihan yang tepat. Sinar kuat mereka dapat menembus kegelapan jauh lebih dalam daripada opsi lampu rata-rata, membuatnya ideal untuk eksplorasi malam atau situasi darurat dimana visibilitas luas diperlukan. Lampu sorot biasanya digunakan pada saat kamu melakukan perjalanan outdoor dengan menggunakan kendaraan off-road.

6. Lampu Tenda

Lampu Tenda

Khusus dirancang untuk penggunaan di dalam tenda, lampu ini bervariasi dalam fitur dan desain tergantung pada produsennya. Mereka biasanya kecil, ringan, dan mudah digantung di dalam tenda, menyediakan cukup cahaya untuk mengatur aktivitas di dalam tanpa mengambil banyak tempat.

Tips memilih lampu camping untuk hiking

Dalam hiking, lampu camping yang tepat bisa sangat berarti. Berikut adalah fitur-fitur penting yang harus dipertimbangkan:

1. Kecerahan lampu

Kecerahan lampu diukur dalam lumens. Untuk hiking, lampu dengan hingga 1000 lumens biasanya cukup, meskipun kamu bisa memilih lebih atau kurang tergantung pada kebutuhan. Lampu LED lebih disarankan karena efisiensi energinya.

2. Adjustable Settings

Cari lampu yang memiliki berbagai pengaturan seperti opsi pencahayaan dan mode redlight untuk night vision. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan lampu berdasarkan kebutuhan dan kondisi.

3. Water Resistance and Durability

Lampu hiking yang baik harus memiliki rating IP tinggi, yang menunjukkan ketahanannya terhadap elemen seperti debu dan air. Ini memastikan lampu akan berfungsi dalam semua kondisi cuaca.

4. Efisiensi Baterai

Kamu dapat memilih lampu yang dapat di-charge (tidak ganti baterai) dengan masa pakai baterai yang panjang dan fast charging. Karena outdoor kemungkinan besar akan sulit dari sumber listrik, maka kamu juga dapat memilih lampu yang dapat diisi daya dengan sinar matahari.

5. Ringan dan Portabel

Pilih lampu dengan desain compact yang mudah dibawa dan tidak menambah berat signifikan ke ranselmu.

6. Hands-Free Operation

Untuk hiking, lampu hands-free seperti headlamp sangat berharga. Mereka memungkinkan kamu untuk bernavigasi dan melakukan tugas secara efektif tanpa harus memegang lampu.

7. Fitur Tambahan

Beberapa lampu camping menyertakan fitur tambahan seperti peluit darurat, kompas, atau bahkan power bank. Ini bisa sangat berguna dalam berbagai skenario outdoor.

Dengan memahami berbagai jenis lampu yang tersedia dan mempertimbangkan fitur-fitur yang diperlukan untuk hiking, kamu bisa meningkatkan pengalaman camping dengan solusi pencahayaan yang tepat. Apakah kamu sedang memasang tenda , menjelajahi jalur setelah matahari terbenam, atau hanya menikmati keindahan alam bebas, lampu camping yang sempurna sangat penting untuk petualanganmu.

Sumber:

  • https://www.trespass.com/advice/lighting-for-camping/
  • https://australianhiker.com.au/advice/which-light-for-hiking/
  • https://ledlenser.com/en/advisor/camping-road-tripping/
  • https://www.pttoutdoor.com/choosing-the-right-camping-lighting-guide/
  • https://www.tentworld.com.au/blog/how-to-find-the-best-camping-light-to-illuminate-your-trip
  • https://www.trespass.com/advice/lighting-for-camping/
  • https://hardkorr.com/au/what-led-camp-lighting-do-you-need-for-your-campsite/
  • https://www.tentworld.com.au/blog/how-to-find-the-best-camping-light-to-illuminate-your-trip
  • https://fenix-store.com/blogs/news/blog-camping-lights-the-only-guide-youll-ever-need
  • https://www.arboursabroad.com/campsite-lighting-ideas/

Topik:

Share:

Related Post

Leave a Comment