Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas dan Batas Waktu Penyimpanan

Habiburachman

Habiburachman

3 comments

Link
Cara Menyimpan Daging Kurban Di Kulkas

Pada momen hari raya Idhul Adha, sudah pasti kulkas akan dipenuhi dengan daging kurban, tapi apakah kamu sudah merasa benar saat menyimpannya? Jika kamu merasa daging kurban lebih mudah berbau meskipun disimpan di freezer barangkali ada kesalahan yang tidak disadari saat menyimpannya. Cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar tentu kamu harus memperhatikan beberapa hal mulai dari pemilihan wadah hingga cara memotongnya.

Menyimpan daging kurban dengan benar, memungkinkan kamu bisa memasaknya di lain hari. Daging jadi lebih awet bahkan berbulan-bulan, cocok buat kamu yang terima banyak daging saat hari raya.

Bagaimana Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar?

Sangat mudah menyimpan daging kurban agar awet. Kamu cukup memperhatikan hal berikut dan melakukannya dengan benar:

1. Potong Menjadi Kecil-kecil

Cara menyimpan daging kurban di kulkas, sebaiknya sebelum disimpan potong-potong terlebih dahulu dalam ukuran kecil. Selain lebih mudah dan praktis saat ingin diolah, cara ini bermanfaat untuk menjaga kesegaran daging.

Sortir daging yang sudah dipotong-potong dengan wadah berbeda untuk kebutuhan sekali masak. Upaya ini menjaga daging mentah terkontaminasi bakteri saat sering keluar masuk kulkas dalam satu wadah.

2. Marinasi Daging

Kamu bisa marinasi daging kurban terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Garam menjadi salah satu bahan marinasi untuk daging agar lebih awet.
Hal ini karena garam mempunyai sifat pengawet alami yang dapat mengurangi bakteri. Makanya, jika kamu memarinasi daging kurban sebelum disimpan kualitasnya akan lebih terjaga.

3. Pakai Wadah Kedap Udara untuk Menyimpan Daging

Menjaga kebersihan kulkas sangat penting untuk kualitas bahan makanan yang disimpan. Jika kamu menyimpan daging kurban tanpa wadah penutup, baunya akan menyebar ke seisi kulkas.

Oleh karena itu, umpan daging kurban di kulkas dengan wadah penyimpanan tertutup. Hindari menyimpan daging dalam kondisi terbuka karena cairan daging yang merembes bisa mengenai bahan makanan lain dan kondisi ini tentu sangatlah buruk untuk kesehatan.

Menyimpan makanan dengan menggunakan wadah tersedniri sangatlah penting, seperti cara menyimpan tahu di kulkas pun menyarankan hal yang sama yaitu menggunakan wadah ternsendiri agar lebih aman.

4. Tulis Label dan Tanggal Penyimpanan

Menuliskan label dan tanggal penyimpanan merupakan cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar. Jadi, selain kamu harus menyortir daging kurban dalam beberapa kemasan, penting juga memberi label dan tanggal penyimpanan agar bisa mengetahui mana daging yang harus dimasak terlebih dahulu.

Selain itu, cara ini juga membantu agar kamu kualitas daging. Sebab, semakin lama gizi daging akibat disimpan terlalu lama akan menurun.

5. Simpan Daging di Freezer

Freezer merupakan tempat yang paling banyak digunakan untuk menyimpan daging. Hal ini karena suhu freezer lebih rendah dibandingkan di chiller.

Apabila daging disimpan dalam suhu 1°C-4°C akan lebih awet dibandingkan di 21°C hingga 38°C. Bakteri pembusuk pada makanan tidak akan tumbuh sehingga membuatnya jadi lebih awet.

6. Hindari Mencuci Daging

Mencuci daging sebelum dimasukkan kulkas memang lebih higienis dan tidak mencemari makanan yang lain. Namun, mencuci daging segar sebelum memasukkannya ke dalam kulkas akan membuat daging menjadi tidak awet.

Bakteri dari air akan berpotensi masuk ke dalam daging jika kamu mencucinya sebelum dimasukkan ke kulkas. Selain itu, rasa daging bisa saja mengalami perubahan akibat dicuci terlebih dahulu.

Baca juga: Spesifikasi, Harga dan Daya Watt Kulkas Freezer Sharp

Apakah Daging Kurban Boleh Dicuci Sebelum Masuk Kulkas?

Air meningkatkan jumlah bakteri pada daging. Sebab, bakteri pada air juga dapat mengkontaminasi daging mentah sehingga pertumbuhan bakterinya akan semakin banyak.

Selain itu, air yang masuk ke dalam daging dapat menurunkan kualitas rasa akibat bakteri tersebut. Jadi, sebaiknya jangan mencuci daging jika ingin menyimpannya di kulkas.

Bagaimana Jika Daging Kurban Terlanjur Dicuci?

Apabila kamu sudah terlanjur mencuci daging kurban sebelum dimasukkan ke kulkas, kami sarankan untuk memarinasinya saja terlebih dahulu. Marinasi dengan garam untuk mengurangi jumlah bakteri yang dibawa oleh air pada daging mentah.

Berapa Lama Daging Kurban Boleh Disimpan di Kulkas?

Perlu kamu ketahui kalau meskipun menyimpan daging kurban di dalam kulkas itu tidak membuat pertumbuhan bakteri berhenti, namun hanya memperlambat. Makanya, penting untuk memberi label dan tanggal dan agar tahu batas waktu sebelum menjadi rusak atau berbahaya.

Pasalnya, daging merah mentah yang disimpan di dalam kulkas hanya sampai 5 hari saja. Jika dimasak akan bertahan paling tidak dua minggu. Oleh karena itu, cara menyimpan daging di kulkas sebaiknya jangan di chiller tapi simpan di freezer kulkas.

Bila kamu ingin menyimpan di kulkas pastikan pakai wadah dengan tutup agar nutrisinya tetap terjaga. Selain itu, tidak boleh terkena air yang berpotensi mencemari isi kulkas.

Berapa Lama Daging Sapi Qurban Tahan di Freezer?

Jika hanya disimpan pada chiller masa simpannya memang hanya bertahan 5 hari, tetapi jika kamu menyimpannya di bagian freezer bisa bertahan hingga berbulan-bulan yaitu 6 sampai 12 bulan.

Hanya saja, disarankan agar pembukaan daging hanya dilakukan sekitar 2 sampai 3 bulan saja. Sebab semakin lama disimpan di freezer kualitas daging bisa rusak atau menurun.

Baca juga: Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas Sharp

Berapa Lama Daging Kurban Boleh Disimpan Menurut Islam?

Ada khilafiyah terkait berapa lama daging kurban boleh disimpan dalam Islam. Cara menyimpan daging di kulkas ini tidak kalah penting dari memperhatikan hal-hal sebelumnya, sebab terkait masalah hukum.

Melansir dari detik.com dari Kitab Fikih Sehari-hari susunan A R Shohibul Ulum awal terjadinya perbedaan terkait penyimpanan daging tersebut timbul karena hadis yang melarang menyimpan daging lebih dari 3 hari tasyrik yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah.

Namun, ini ada beberapa pendapat terkait hukum menyimpan daging kurban lebih dari 3 hari. Pendapat pertama, boleh melebihi dari 3 hari tasyrik karena didasarkan pada mayoritas ulama sahabat, tabi’in, serta 4 imam mazhab yang berlandaskan pada hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim tentang masalah waktu menyimpan daging kurban.

Para mujtahid untuk pendapat pertama ini menyebutkan bahwa hadis larangan penyimpanan daging sudah dinasahkan atau dihapus hukumnya. Sehingga menjadi pendapat jumhur ulama.

Sedangkan pendapat yang kedua melarang menyimpan dan mengawetkan daging kurban lebih dari 3 hari tasyrik didasarkan dengan pendapat Ibnu Umar dan Ali. Namun hal ini dikomentari oleh Imam Syafi’i melalui al-I’tibar fi Nasikh wa Mansukh, beliau mengatakan kalau kemungkinan kedua sahabat nabi tersebut tidak mendengar bahwa Rasulullah SAW sudah menghapus hukum larangan memakan daging kurban lebih dari 3 hari tersebut.

Selain itu dalam kitab al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah Juz 2, Ali dan Umar mendengar terkait hadits larangan mengonsumsi atau menyimpan daging kurban lebih dari 3 hari. Oleh karena itu, mereka meriwayatkan yang telah didengarnya tersebut.

Namun kesimpulannya, pendapat yang lebih kuat, diperbolehkan menyimpan daging kurban lebih dari 3 hari tasyrik tersebut.

Jadi, selain mengetahui cara menyimpan daging kurban di kulkas, tidak kalah penting juga memperhatikan batas waktu penyimpannya berdasarkan ketentuan Islam. Dengan begitu, memakan daging kurban akan lebih berkah.

Referensi:

  • https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6799136/6-cara-menyimpan-daging-kurban-di-kulkas-yang-benar-agar-tahan-lama
  • https://www.kompas.tv/amp/lifestyle/421779/berapa-lama-daging-kurban-bisa-disimpan-di-kulkas-dan-freezer-jangan-sampai-busuk-dan-beracun
  • https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6799513/hukum-menyimpan-daging-kurban-lebih-dari-3-hari-bolehkah

Topik:

Share:

Related Post

3 responses to “Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas dan Batas Waktu Penyimpanan”

  1. […] halnya dengan cara menyimpan daging kurban di kulkas, ketika akan meyimpang daging sapi memerlukan cara-cara tertentu. Berikut ini cara terbaik yang […]

  2. […] halnya seperti cara menyimpan daging kurban di kulkas, daging ayam pun memerlukan pengetahuan tersendiri agar awet dan tetap segar dalam kulkas. Berikut […]

  3. […] Baca juga: 6 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Tetap Segar […]

Leave a Comment