Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Prima Hidayat

Prima Hidayat

0 Comment

Link
Cara Menyimpan Udang Di Kulkas

Mau tahu cara menyimpan udang di kulkas agar tetap segar? Simpan udang dalam wadah kedap udara, jangan lupa beri alas agar tidak terkena air. Pastikan suhu kulkas tetap dingin untuk menjaga kesegaran udang. Dan jangan lupa untuk segera konsumsi udang yang disimpan agar tetap lezat.

Dari cara penyimpanan yang tepat hingga tips menjaga kesegaran, artikel ini akan membahas semua hal penting tentang menyimpan udang di kulkas. Scroll ke bawah untuk melihat ulasan tentang pilihan terbaik kami!

Tips Cara Menyimpan Udang di Kulkas

Dikutip dari Eating Well, cukup penting untuk memperhatikan cara menyimpan udang di kulkas agar tetap segar dan tidak cepat busuk. Jika tidak disimpan dengan benar, udang dapat dengan cepat mengalami kerusakan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk menjaga kualitas udang, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

1. Bersihkan sedikit dan buang kepala udang

Dengan membuang kepala udang, penyimpanan dapat lebih mudah dilakukan. Proses ini juga membantu menjaga kesegaran udang lebih lama. Pastikan juga untuk memeriksa kualitas daging udang sebelum disimpan, apakah masih padat dan tidak berair atau kondisinya sudah tidak segar lagi.

Membersihkan dan mempersiapkan udang dengan baik sebelum disimpan akan menjamin kualitasnya tetap terjaga. Jangan lupa untuk mencuci udang secara ringan dengan menggunakan air mengalir sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

2. Jangan kupas kulit udang

Menyimpan udang yang belum dikupas selama memasak membantu mereka mempertahankan sari lezatnya, bahkan saat dipanaskan kembali. Biarkan kulit udang untuk melindungi dagingnya agar tetap segar dan terjaga kelembabannya. Kulit udang membantu menjaga kelembaban dan rasa, sehingga udang tetap lezat dan segar ketika dimasak.

Sebaliknya, jika Anda sudah mengupas kulit udang sebelum menyimpannya, dapat membuat udang cepat basi karena kehilangan perlindungan alami kulitnya. Anda baru disarankan mengupas kulit udang ketika akan memasak atau mengkonsumsinya.

3. Gunakan wadah kedap udara

Menyimpan udang dalam wadah tertutup dapat menghindari udang terkontaminasi udara dan menghambat pertumbuhan bakteri. Pilih wadah tertutup untuk mencegah udang terkontaminasi. Pastikan wadah kedap udara agar udang tetap segar. Simpan udang dalam kantong plastik atau toples yang rapat.

4. Pisahkan udang sesuai kebutuhan

Pisahkan udang berdasarkan jumlah yang akan dimasak. Siapkan udang sesuai porsi untuk kemudahan penggunaan. Memisahkan udang membantu menghindari perubahan suhu selama disimpan karena keluar masuk kulkas.

5. Simpan di bagian terdingin kulkas

Letakkan udang pada freezer kulkas untuk meningkatkan daya tahannya. Hindari menyimpan udang di bagian pintu kulkas karena suhu cenderung tidak stabil (bagian yang paling sering terkena udara luar ketika pintu kulkas dibuka) dapat mempercepat kerusakan udang. Untuk memberikan penyimpanan yang maksimal beberapa kulkas seperti kulkas sharp 2 pintu sudah memiliki fitur Deep Freezing (up to -21 °C).

Suhu rendah membantu menjaga kesegaran udang dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan pembusukan. Semakin rendah suhu kulkas, semakin lama udang dapat disimpan tanpa kehilangan kualitasnya. Udang mudah rusak jika dibiarkan pada suhu ruangan karena kondisi tersebut merangsang pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan udang tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas agar Tetap Segar

Berapa lama udang bisa bertahan di kulkas?

Menurut Otoritas Pangan New South Wales (NSW Food Authority) di Australia, udang harus dimasukkan ke dalam kulkas sesegera mungkin dan dikonsumsi dalam waktu tiga hari sejak pembelian. Udang segar biasanya tahan hingga 2 hari di kulkas. Periksa kondisi udang sebelum mengonsumsi setelah 2 hari untuk memastikan keamanan konsumsi. Pastikan udang masih segar sebelum dimasak agar tetap lezat dan aman untuk dikonsumsi.

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (19/2/2023), udang matang atau udang yang sudah dimasak dapat disimpan di kulkas hingga tiga hari sejak tanggal pembelian. Namun, sebagai aturan umum, lebih dari tiga hari untuk udang bukan lagi periode yang aman untuk dikonsumsi.

Apakah udang harus dicuci sebelum masuk freezer?

Cuci udang sebelum disimpan di freezer untuk menjaga kebersihan dan keamanan makanan. Pastikan udang bebas dari kotoran atau residu lainnya sebelum dibekukan.
Proses pencucian tidak hanya menghilangkan kotoran, tetapi juga membantu mencegah kontaminasi saat udang disimpan dalam freezer.

Dengan mencuci udang sebelumnya, Anda dapat memastikan bahwa bahan makanan yang disimpan tetap higienis dan aman untuk dikonsumsi. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan udang dengan baik sebelum memasukkannya ke dalam freezer untuk menjaga kualitasnya.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Ikan di Kulkas agar Awet dan Aman

Rangkuman

Dari cara menyimpan udang di kulkas hingga berapa lama bisa bertahan, kamu sekarang tahu tipsnya. Jangan lupa bersihkan udang dan gunakan wadah kedap udara. Pisahkan sesuai kebutuhan dan simpan di tempat terdingin kulkas. Dengan langkah-langkah ini, udangmu akan tetap segar lebih lama.

Jadi, mulai terapkan tips ini sekarang agar udang di kulkasmu selalu dalam kondisi terbaik. Dengan perawatan yang tepat, kamu bisa menikmati udang segar kapan pun kamu mau!

Topik:

Share:

Related Post

Leave a Comment