Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas, Tetap Awet Berkualitas

Habiburachman

Habiburachman

1

Link
Cara Menyimpan Daging Sapi Di Kulkas

Menyimpan daging sapi di kulkas kerap dilakukan, terutama saat Idul Adha. Biasanya, daging tersebut tidak ingin langsung diolah, tapi tahukah Anda dalam proses penyimpanannya terdapat cara yang khusus untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya?

Bagaimana Cara Menyimpan Daging di Kulkas agar Awet?

Kulkas memang menjadi elektronik yang tidak lagi asing di rumah tangga. Terutama untuk menyimpan berbagai jenis bahan makanan dengan tujuan lebih awet. Namun, tahukah Anda fungsi dari masing-masing bagiannya?

  • Freezer menjadi bagian yang paling sering digunakan untuk menyimpan daging, frozen food, atau membuat es batu.
  • Refrigerator bagian yang memiliki beberapa rak di kulkas ini memiliki suhu yang tidak sedingin freezer. Fungsinya lebih untuk mendinginkan makanan dan minuman. Selain itu, kerap digunakan untuk mengawetkan sisa makanan atau bumbu-bumbu.
  • Chiller merupakan rak yang memiliki tutup untuk menyimpan sayuran dan buah agar tetap terjaga kesegarannya.
  • Rak pintu biasanya untuk menyimpan minuman kemasan atau telur.

Lantas, di bagian mana yang tepat untuk cara menyimpan daging sapi di kulkas? Setiap bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing, bedakan terlebih dulu antara daging yang mentah dan matang agar tersimpan dengan awet.

1. Penyimpanan Daging Sapi Matang agar Awet

Daging sapi matang, tapi tidak habis ada baiknya untuk disimpan di wadah tertutup dengan kondisi suhu ruang. Kalau masih panas, sebaiknya biarkan terlebih dulu dan jangan ditutup. Selanjutnya, barulah letakkan di rak refrigerator apabila ingin dikonsumsi dalam waktu dekat. Namun, kalau mau lebih awet bisa dimasukkan ke freezer.

2. Penyimpanan Daging Sapi Mentah agar Awet

Daging sapi mentah yang ingin disimpan di kulkas sebaiknya tidak dicuci, karena air dapat memicu munculnya bakteri yang cepat membuatnya busuk. Jika Anda ingin memasaknya dalam waktu dekat, maka bisa diletakkan di rak refrigerator. Ini sifatnya sementara, dan hanya cocok dilakukan sesaat menyiapkan bumbu.

Cara menyimpan daging sapi di kulkas agar awet dalam waktu lama adalah memilih bagian freezer yang memiliki suhu paling dingin. Sebab, di dalam pendingin ini micro bakteri tidak dapat berkembang. Tentunya, tetap harus memperhatikan tahapan penyimpanannya.

Bagaimana Cara Terbaik Menyimpan Daging di dalam Freezer?

Pada kulkas, freezer ini terletak terpisah dari bagian yang lainnya dengan suhu yang lebih dingin. Terutama pada pendingin yang memiliki dua pintu, maka ukurannya pun lebih dengan dua bagian di dalamnya. Kualitas kandungan makanan yang disimpan di dalamnya dapat terjaga dengan baik.

Bahkan, BPOM Amerika Serikat merekomendasikan freezer dengan suhu minus 17 derajat celcius untuk menjaga kualitas kandungan makanan.

Sama halnya dengan cara menyimpan daging kurban di kulkas, ketika akan meyimpang daging sapi memerlukan cara-cara tertentu. Berikut ini cara terbaik yang dapat diterapkan untuk menyimpan daging sapi di dalam freezer:

1. Pilih Wadah Pembungkus Daging yang Tepat

Cara menyimpan daging sapi di kulkas yaitu dengan memilih wadah yang tepat. Anda dapat menggunakan plastik, alumunium foil, atau wadah bersih lainnya yang tertutup (kedap udara). Hal ini guna menjaga kesegaran dan dapat awet berbulan-bulan, serta terhindar dari freezer burn yang dapat merusak kualitas daging.

2. Perhatikan Suhu dan Kondisi Freezer

Suhu – 17 derajat celcius dianjurkan untuk mengawetkan daging di kulkas. Anda juga harus memastikan kondisinya, terutama bagian freezer agar bersih sebelum menyimpan daging. Sebab, adanya kotoran dapat memicu kontaminasi pada daging yang hendak diawetkan.

3. Terapkan Sistem FIFO

Sistem FIFO atau first in, first out ini sangat dianjurkan bagi Anda yang sering mengawetkan makanan di dalam freezer. Caranya yaitu dengan meletakkan daging atau makanan yang telah dibekukan terlebih dahulu di paling depan atau atas. Tujuannya agar dapat dimasak lebih dulu, karena tidak baik juga apabila terlalu lama menyimpan daging beku.

4. Jangan Bekukan Ulang

Siapa yang punya kebiasaan mencairkan daging beku, lalu memasaknya sebagian dan sisanya dibekukan lagi? Mulai sekarang, pastikan tidak melakukan kesalahan tersebut. Sebab, daging yang telah dicairkan tersebut lebih baik segera dimasak. Kalau dibekukan kembali, maka kualitasnya sudah menurun, dan pembusukan pun lebih cepat terjadi.
Cara menyimpan daging sapi di kulkas untuk menghindari pembekuan ulang adalah dengan membaginya ke beberapa wadah, dan tandai untuk dimasak apa atau kapan. Jadi pastikan untuk menerapkan tahapannya dengan benar agar daging awet dan terjaga kualitasnya.

5. Tidak Mencuci Daging

Daging mentah yang ingin diawetkan di dalam freezer sangat dianjurkan untuk tidak dicuci setelah didapatkan. Terutama pada daging segar, guna menghindari munculnya micro bakteri yang dapat membuat pembusukan lebih cepat. Apabila daging tersebut merupakan kemasan, maka cek cara penyimpanan dan tanggal kedaluwarsanya.

Baca juga: 10 Cara Menyimpan Tahu di Kulkas agar Tetap Segar

Apakah Daging yang Sudah Dicuci Bisa Disimpan di Kulkas?

Daging yang ingin disimpan di kulkas lebih dianjurkan untuk tidak dicuci. Lantas, bisakah disimpan kalau sudah dicuci? Jawabannya bisa, hanya saja kualitasnya jadi menurun dan tidak akan awet, meski diletakkan di dalam freezer.

Dikutip dari studi EFSA (Europan Food Safety Authority) Journal, air yang ada pada daging dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan makanan busuk. Staphylococcus aureus dan Clostridium botulinum menjadi beberapa bakteri yang muncul akibat kandungan air pada daging.

Baca juga: 10 Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp Agar Awet

Berapa Lama Daging Sapi Bisa Disimpan di Kulkas?

Di bagian kulkas biasa atau rak refrigerator tidak dianjurkan untuk mengawetkan daging. Sebab, suhunya tidak terlalu dingin. Namun, tetap bisa menyimpan daging yang sifatnya hanya sementara atau sesaat saja, misalkan ketika menyiapkan bumbu untuk mengolahnya.

Daging mentah juga bisa bertahan di kulkas hingga 3 atau 5 hari saja, dengan catatan tidak dicuci. Sementara untuk daging yang telah dimasak, bisa bertahan maksimal 4 hari saja di suhu kulkas bagian refrigerator ini.

Berapa Lama Daging Sapi Tahan di Freezer Kulkas?

Berbeda dengan bagian freezer yang suhunya lebih dingin, jangka waktu yang dapat digunakan untuk mengawetkan daging sapi jauh lebih panjang. Micro bakteri yang terdapat pada daging sapi tidak dapat berkembang pada kondisi beku. Hal inilah yang membuatnya bisa bertahan dalam jangka panjang.

Pastikan Anda menerapkan cara menyimpan daging sapi di kulkas pada bagian freezer untuk mendapatkan pengawetan maksimal. Daging mentah segar yang disimpan pada wadah tertutup bisa awet 4 hingga 12 bulan lamanya. Daging mentah beku sesuai dengan tanggal kedaluwarsa yang tercantum di kemasan.

Sementara itu, untuk daging sapi matang juga bisa lebih awet saat disimpan di dalam freezer. Anda bisa memasukkannya ke dalam wadah tertutup, dan olahan tersebut dapat awet selama 3 hingga 4 bulan lamanya. Catatan tambahan untuk daging matang, sebaiknya dibagi ke beberapa wadah agar tidak melakukan pembekuan ulang.

Jika Anda sedang mencari kulkas freezer yang hemat listrik, silahkan simak ulasan kami mengenai spesifikasi, harga dan daya watt kulkas freezer Sharp.

Cara menyimpan daging sapi di kulkas juga harus memperhatikan kualitasnya terjaga saat diawetkan. Daging yang segar akan memiliki warna merah cerah merata tanpa adanya bercak-bercak putih, aromanya pun segar, dengan tekstur kenyal, serta kandungan airnya lebih sedikit. Pastikan untuk tidak mencuci daging sebelum disimpan di freezer.

Sumber:

  • https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/waktu-menyimpan-daging-di-kulkas-freezer/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/ciri-ciri-daging-sapi-segar/
  • https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/30/190300076/mengenal-bagian-penyimpanan-di-kulkas-dan-fungsinya

Topik:

Share:

Related Post

One response to “Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas, Tetap Awet Berkualitas”

  1. […] FIFO ini juga dilakukan pada cara menyimpan daging sapi di kulkas agar kita masih mendapatkan kualitas daging yang paling […]

Leave a Comment