Begini Cara Menyimpan Ayam di Kulkas yang Aman

Habiburachman

Habiburachman

0 Comment

Link
Cara Menyimpan Ayam Di Kulkas

Ada yang suka mengkonsumsi daging ayam? Selain kaya akan protein, ayam juga terkenal memiliki rasa yang lezat dan dapat dibuat bermacam-macam sajian. Sayangnya, tidak semua orang paham bagaimana cara menyimpan ayam di kulkas.

Dengan mengetahui bagaimana cara penyimpanan daging ayam di kulkas yang benar, dapat memberikan banyak manfaat. Salah satunya seperti menjamin keamanan makanan, karena penyimpanan yang benar dapat mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Selain itu, dengan menggunakan metode penyimpanan ayam di kulkas yang tepat bisa membantu mempertahankan kualitas rasa, daging, dan tekstur ayam tersebut. Paling penting, menyimpan ayam dalam kulkas yang benar bisa meminimalisir pemborosan.

Bagaimana Cara Menyimpan Ayam di Kulkas?

Sama halnya seperti cara menyimpan daging kurban di kulkas, daging ayam pun memerlukan pengetahuan tersendiri agar awet dan tetap segar dalam kulkas. Berikut informasi yang bisa menjadi referensi terbaik untuk Anda aplikasikan:

Untuk memastikan ayam tetap segar di kulkas, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

1. Pisahkan sesuai porsi sekali masak

Pisahkan ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan porsi yang akan digunakan. Hal ini memudahkan Anda saat mengambil ayam dan menghindari perubahan suhu yang signifikan pada daging ayam

2. Simpan dalam wadah kedap udara

Simpan ayam di dalam wadah kedap udara, seperti kantong plastik khusus makanan atau toples, untuk menghindari kontaminasi udara dan bakteri

3. Jangan biarkan ayam terlalu lama di luar kulkas

Jangan biarkan ayam terlalu lama di suhu ruangan, karena suhu yang hangat dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri dan mengurangi masa simpan ayam

4. Hindari mencuci ayam sebelum disimpan

Hindari mencuci ayam sebelum disimpan di dalam kulkas, karena mencuci ayam dapat meningkatkan risiko kontaminasi dan mengurangi masa simpan ayam

5. Simpan di bagian Kulkas yang dingin

Letakkan ayam pada rak terbawah kulkas, bagian yang umumnya lebih dingin, untuk menjaga kualitasnya beberapa hari kedepan.

6. Simpan di Freezer jika Tidak Segera Digunakan

Jika tidak segera digunakan, simpan ayam di freezer dengan suhu sekitar 0-5 derajat celcius untuk menghambat perkembangan bakteri dan mempertahankan kualitas ayam hingga beberapa bulan

7. Catat waktu penyimpanan

Pastikan Anda mencatat waktu penyimpanan daging ayam untuk memastikan bahwa Anda tidak melampaui batas waktu penyimpanan yang aman.

Dengan mengikuti cara-cara tersebut, Anda dapat memastikan ayam tetap segar dan aman dikonsumsi.

Cara Menyimpan Ayam di Kulkas Apa Harus Dicuci Dulu?

Mencuci ayam sebelum memasukkannya ke dalam kulkas justru bisa meningkatkan resiko kontaminasi silang. Bahkan, tetesan air dari mencuci ayam bisa menyebar ke alat-alat dapur Anda dan semakin membahayakan.

Selain itu, mencuci ayam akan meningkatkan kelembaban pada bahan makanan tersebut. Seperti yang diketahui, kelembaban dapat menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat sehingga meningkatkan resiko keracunan makanan.

Jika Anda bermaksud menghilangkan bakteri pada ayam, mencucinya bukan menjadi solusi terbaik. Bakteri pada ayam potong baru akan mati jika dimasak pada suhu yang tepat.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas, Tetap Awet Berkualitas

Apakah ada perbedaan cara menyimpan ayam segar dan ayam yang sudah dimasak di kulkas?

Ada beberapa perbedaan cara menyimpan ayam segar dan ayam yang sudah dimasak di kulkas:

Ayam Segar

  • Jangan mencuci ayam sebelum disimpan di kulkas.
  • Simpan ayam di dalam wadah khusus yang dapat menutup rapat.
  • Simpan di rak kulkas yang sejuk, biasanya rak bawah.
  • Simpan ayam mentah dalam kemasan aslinya di bagian terdingin lemari es.
  • Simpan di rak paling bawah untuk mencegah jus menetes ke benda lain.
  • Gunakan dalam 1-2 hari atau Simpan di freezer jika tidak segera digunakan

Ayam yang Sudah Dimasak

  • Ayam yang sudah dimasak dapat disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari dan di freezer hingga 4 bulan.
  • Simpan di dalam wadah yang dapat menutup rapat, seperti kantong plastik khusus makanan atau toples.
  • Simpan di rak kulkas yang sejuk, biasanya rak bawah.
  • Simpan ayam matang pada freezer dalam waktu 2 jam setelah dimasak.

Freezing Chicken

  • Bungkus setiap potongan ayam dengan bungkus plastik atau aluminium foil dan masukkan ke dalam kantong freezer yang lebih besar.
  • Keluarkan udara sebanyak mungkin sebelum menyegel kantong.
  • Berikan label pada wadah dengan tanggal dan isinya.
  • Simpan di dalam freezer pada suhu 0°F (-18°C) atau lebih rendah.
  • Ayam mentah dapat disimpan hingga 9 bulan, dan ayam utuh dapat disimpan hingga 1 tahun

Memasak ayam dari keadaan beku

  • Hangatkan ayam dalam kulkas dengan cara menaruhnya di piring dan biarkan mencair secara bertahap.
  • Jangan pernah mencairkan ayam pada suhu ruangan atau dalam air panas.

Baca juga: 10 Cara Menyimpan Tahu di Kulkas agar Tetap Segar

Berapa Lama Ayam Segar Bisa Bertahan di Kulkas?

Ayam segar utuh mampu bertahan hingga 1 atau 2 hari sejak pembelian. Sedangkan untuk ayam yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian biasanya dapat bertahan dalam waktu agak lama sekitar 2 hingga 3 hari. Jika ingin lebih lama, Anda bisa menyimpan ayam dalam freezer karena suhunya lebih rendah.

Berapa Lama Ayam Mentah Disimpan di Freezer?

Aneka jenis daging termasuk daging ayam dapat bertahan selama berbulan-bulan bahkan satu tahun jika disimpan dalam freezer. Mengutip laman Food Safety, masa simpan ayam giling disarankan tidak lebih dari 4 bulan.

Sementara itu, untuk daging ayam fillet rata-rata mempunyai umur simpan 4 hingga 6 bulan. Untuk ayam potong sekitar 9 bulan penyimpanan, dan ayam segar utuh bisa mencapai 1 tahun.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan ASI di Kulkas agar Kualitasnya Terjaga

Berapa Lama Simpan Ayam Ungkep di Kulkas?

Pada umumnya, ayam ungkep hanya bisa bertahan 3 hingga 5 hari setelah dimasak apabila dimasukkan dalam kulkas biasa. Itupun masih tergantung dengan faktor lain seperti kondisi penyimpanan dan kebersihan kulkas.

Ayam ungkep maksimal bertahan di kulkas selama 5 hari apabila disimpan dalam suhu yang tepat. Pastikan suhu kulkas antara 1°C hingga 4°C.

Apabila ingin menyimpan ayam ungkep lebih lama, Anda bisa memasukkannya dalam freezer. Daging ayam ungkep atau yang sudah matang dapat bertahan hingga berbulan-bulan di sana.

Bolehkan Ayam Ungkep Disimpan di Freezer?

Memasukkan ayam ungkep dalam freezer memang disarankan untuk memperlama masa simpannya. Jadi, tentu Anda boleh menyimpan ayam ungkep dalam freezer namun tetap harus dengan cara yang tepat seperti:

  • Ayam ungkep harus dibungkus dengan rapat pakai kantong plastik atau tempat penyimpanan yang kedap udara
  • Jangan lupa berikan tanda tanggal kapan Anda meletakkan ayam ungkep tersebut dalam freezer. Sehingga bisa tahu waktu yang tepat untuk segera menggunakan ayam tersebut
  • Letakkan ayam di bagian freezer dengan suhu yang stabil. Hindari penempatan di area seperti pintu sebab di sana suhunya sering berubah-ubah
  • Pada umumnya, ayam ungkep yang tersimpan dalam freezer memang bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Namun, ada baiknya segera gunakan ayam ungkep guna mempertahankan kualitasnya. Usahakan lebih cepat menggunakannya sebelum lewat tanggal kadaluarsa

Jadi, menyimpan ayam ungkep dalam freezer memang boleh saja. Pastikan Anda menyimpan dengan cara yang tepat agar dapat menjamin kualitas daging ayam dan aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, Anda juga harus tahu tentang tanda-tanda kerusakan atau penurunan kualitas pada ayam ungkep. Contohnya seperti mengeluarkan aroma tidak sedap, terjadi perubahan warna dan tekstur yang tidak biasa dan munculnya lendir sebagai tanda pertumbuhan bakteri.

Saat Anda menemukan gejala-gejala tersebut, daging ayam ungkep sebaiknya dibuang saja. Walaupun terhitung masih cukup sebentar disimpan dalam kulkas. Daripada keracunan karena mengkonsumsi ayam yang telah terkontaminasi bakteri.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai kulkas freezer yang hemat listrik untuk menyimpan daging ayam, silahkan simak ulasan kami mengenai spesifikasi, harga dan daya watt kulkas freezer Sharp.

Itu dia tadi cara menyimpan ayam di kulkas. Sekarang sudah cukup paham bukan? Tidak ada salahnya menyimpan daging ayam untuk digunakan lagi di lain hari, asal dengan teknik yang benar.

Sumber:

  • https://m.kumparan.com/berita-hari-ini/berapa-lama-daging-ayam-tahan-di-freezer-ini-waktu-ideal-dan-cara-menyimpannya-21dLn3V3IW5/full
  • https://www.akurat.co/food/1302422347/Berapa-Lama-Ayam-Ungkep-Tahan-Di-Kulkas
  • https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20211206101927-33-296866/5-cara-simpan-daging-ayam-di-kulkas-freezer-awet-9-bulan
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220902172943-267-842551/3-cara-menyimpan-ayam-di-kulkas-agar-awet-berbulan-bulan
  • https://www.maggi.id/cara-menyimpan-daging-ayam-di-kulkas/
  • https://www.idntimes.com/food/dining-guide/annisa-nur-fitriani-1/tips-menyimpan-ayam-di-kulkas-supaya-awet-c1c2
  • https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menyimpan-daging-ayam-di-kulkas/
  • https://www.idntimes.com/food/diet/ratna-herlina/cara-menyimpan-ayam-di-kulkas-c1c2

Topik:

Share:

Related Post

Leave a Comment